Rahasia Melesatnya Industri Game Tiongkok Raih Pengguna dari Seluruh Dunia
Judul : Rahasia Melesatnya Industri Game Tiongkok Raih Pengguna dari Seluruh Dunia
link : Rahasia Melesatnya Industri Game Tiongkok Raih Pengguna dari Seluruh Dunia
Rahasia Melesatnya Industri Game Tiongkok Raih Pengguna dari Seluruh Dunia
Jakarta, Gizmologi – Pandemi global Covid-19 telah mempengaruhi perkembangan dan distribusi game, terutama game konsol dan PC. Dibandingkan dengan game mobile, perkembangan game konsol dan PC sangat bergantung pada besarnya tim, anggaran, dan kerja sama lintas negara.
Selain faktor pandemi, kelangkaan chip global makin memperburuk masalah. Karena terbatasnya pasokan produk elektronik konsumen termasuk game konsol generasi terbaru dan hardware untuk PC kelas atas.
Karena faktor-faktor tersebut, pendapatan pasar game konsol sebesar 49,2 miliar dolar AS turun 8,9% YoY (year-on-year). Sedangkan pendapatan pasar game PC 35,9 miliar dolar AS, menurun 2,8% YoY. Sebaliknya, game smartphone tumbuh 4,7% dan tablet 2,0%. Dua kategori ini merupakan satu-satunya produk game yang mengalami peningkatan pertumbuhan.
Sementara itu Menurut “Laporan Pasar Gaming Global 2021” yang dirilis oleh Newzoo pada Juli 2021: Untuk tahun 2021, game mobile ditargetkan akan menghasilkan pendapatan 90,7 miliar dolar AS, dengan peningkatan 4,4% YoY. Dan pendapatan dari game mobile akan mencapai lebih dari 50% dari total pendapatan game secara global.
Baca juga: Melalui LEAD by IndiHome, Telkom Dukung Pengembangan Atlet eSport Indonesia
Kinerja Industri Games Tiongkok
Karena pendapatan yang tinggi dan efisiensi pengembangan, game mobile banyak dicari oleh publisher. Di sektor inilah, perusahaan Tiongkok memiliki kinerja paling memuaskan. Hal ini berdasarkan “Laporan Industri Game Tiongkok 2020” yang dirilis oleh CGIGC.
Pada tahun 2020, pendapatan aktual penjualan luar negeri dari game yang dikembangkan oleh perusahaan Tiongkok mencapai 15,45 miliar dolar AS, meningkat 33,25% YOY. Sedangkan pendapatan penjualan aktual mereka di pasar domestik mencapai sekitar 37 miliar dolar AS, dengan peningkatan YoY sebesar 26,74%.
Menurut statistik pada tahun 2020, pendapatan kumulatif dari game yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan Tiongkok mencapai 52,4 miliar dolar AS, di mana 30% (15,450 miliar) dari jumlah tersebut merupakan pendapatan penjualan luar negeri.
Penyebab Game Tiongkok Menonjol
Selain dari kualitas game itu sendiri, alasan lain mengapa perusahaan Tiongkok menonjol dalam pemasaran mobile secara global adalah strategi periklanan mereka yang efisien. Menurut “Laporan Periklanan Global 2021 Semester 1” yang dirilis oleh SocialPeta, sekitar 80% pengiklan dari 50 teratas adalah perusahaan Tiongkok. Iklan mereka kebanyakan untuk game genre SLG, permainan kartu, dan MMORPG.
Produk game mobile Tiongkok yang populer dapat mencapai kesuksesan lebih besar melalui intervensi iklan. Berdasarkan data dari SocialPeta, perusahaan Tiongkok berfokus pada iklan game mobile di pasar luar negeri, dan menempati 10 tempat teratas dalam peringkat pengiklan game mobile
Bahkan untuk pengiklan game mobile global pada semester pertama tahun 2021, semua pengiklan 10 teratas berasal dari Tiongkok. Dalam daftar ini, 4 game di antaranya berasal dari SpinX Games Limited, dan 3 di antaranya masuk tiga besar.
SpinX Games Limited didirikan di Beijing pada tahun 2014. Berdasarkan laporan pengembangan produk dan pembelian trafik, perusahaan ini terus mempertahankan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 40%.
Selama enam bulan berturut-turut sejak Maret 2020, SpinX Games Limited telah mempertahankan pendapatan bulanan sebesar 20 juta dollar AS. Di Amerika Serikat, pasar terbesar di dunia untuk permainan kasino, game “Cash Frenzy” dan “Lotsa Slots” dari SpinX Games Limited berada di peringkat ke-6 dan ke-17 dalam daftar game kasino terlaris.
Gelontorkan Iklan Biar Tetap Mapan
Menggelontorkan dana yang besar dengan memasang iklan dipilih sebagai strategi game-game terkemuka. Contoh nyata adalah “Genshin Impact”, game populer besutan MiHoYo. Untuk terus mendatangkan pemain baru di seluruh dunia, dan untuk memberikan pembaruan konten terbaru kepada pemain yang sudah ada, pembelian trafik menjadi pilihan terbaik.
Berdasarkan tren iklan game 360 hari di platform SocialPeta, jumlah materi yang diaktifkan telah meningkat secara signifikan dari awal Januari 2021, dan mencapai puncaknya pada pertengahan April yakni lebih dari 1.200 materi iklan per hari.
Selain “Genshin Impact”, judul-judul besar lainnya seperti “PUBG Mobile”, “Call of Duty Mobile”, dan “League of Legends: Wild Rift” juga mengaktifkan banyak materi iklan secara signifikan di semester pertama tahun ini.
Materi yang bisa membuat keuntungan bagi game akan tetap menguntungkan untuk jangka waktu yang lama
Untuk game Tiongkok di pasar luar negeri, SLG selalu menjadi kategori dengan pendapatan tertinggi. Menurut data dari Sensor Tower, TOP 30 game Tiongkok dengan pendapatan luar negeri tertinggi, setengahnya diisi oleh genre SLG dengan konten PVP yang membutuhkan banyak pemain baru.
Game SLG “Lords Mobile: Kingdom Wars” yang diterbitkan oleh IGG, sebuah perusahaan Tiongkok, bersamaan dengan peluncurannya, aktivasi iklan langsung dimulai ke berbagai channel di seluruh dunia. Saat ini, menurut data SocialPeta, total waktu pemasangan iklan di Android telah mencapai hampir 2000 hari, dan jumlah materi kreatif yang dihasilkan untuk iklan ini juga telah melebihi 100.000.
Berdasarkan jangka waktu, efisiensi dan stabilitas, game ini telah mempertahankan performa pendapatan yang luar biasa. Pada tahun 2021, pendapatan kumulatif global dari game ini telah melampaui 2 miliar dolar AS, dan untuk mencapai hasil yang luar biasa ini tidak dapat dipisahkan dari strategi pembelian trafik yang berkualitas tinggi dan efisien.
Istilah “jer basuki mawa beya” makin relevan di sini. Jika ingin sukses besar, ya butuh modal besar baik untuk pengembangan kualitas game maupun belanja iklan. Sehingga perusahaan iklan pun makin cuan. Bagaimana dengan developer game yang modalnya pas-pasan seperti sebagian besar publisher lokal? Peluang sukses tetap ada, tetapi mungkin butuh effort yang lebih tinggi lagi.
from Gizmologi https://ift.tt/3k4l6ha
via IFTTT
Demikianlah Artikel Rahasia Melesatnya Industri Game Tiongkok Raih Pengguna dari Seluruh Dunia
Anda sekarang membaca artikel Rahasia Melesatnya Industri Game Tiongkok Raih Pengguna dari Seluruh Dunia dengan alamat link https://mixnews-kz.blogspot.com/2021/09/rahasia-melesatnya-industri-game.html
0 Response to "Rahasia Melesatnya Industri Game Tiongkok Raih Pengguna dari Seluruh Dunia"
Post a Comment